Selasa, 06 November 2012

SENI TRADISIONAL

WAYANG KULIT

Wayang kulit merupakan seni pertunjukkan yang menggunakan wayang terbuat dari kulit yang dimainkan oleh dalang. Wayang kulit dipertunjukkan sejak dulu hingga sekarang masih berkembang di tengah masyarakat. Wayang kulit menampilkan cerita Ramayana dan Mahabrata. Biasanya wayang kulit dipertunjukkan semalam suntuk di berbagai ritual adat masyarakat Jawa.


CAMPURSARI

Campursari merupakan salah satu jenis kesenian yang memadukan alat musik tradisional dan alat musik modern. Campursari memadukan karawitan dengan alat musik modern seperti keyboard, gitar, dsb untuk mengiringi jenis lagu baik tradisional maupun modern.


REOG

Reog merupakan kesenian rakyat yang berkembang dari Jawa Timur. Reog dimainkan di tempat yang luas atau terbuka oleh beberapa orang dengan membawakan kisah - kisah yang diambil dari cerita Panji.


JATHILAN

Jathilan merupakan salah satu kesenian rakyat yang menampilkan cerita Panji dan penyelenggaraannya biasa dilakukan di tempat lapangan atau terbuka. Dalam pertunjukkan ini ada salah satu pemain yang bertindak sebagai pawang. Pemain jathilan menggunakan jaran kepang dalam tariannya dan diiringi musik bende, kendang, serta angklunh. Penari dapat mengalami kondisi kesurupan, sehingga dapat melakukan hal - hal diluar kebiasaan seperti mengupas kela[pa dengan gigi, kebal cambukan, dsb.


KETHOPRAK

Kethoprak merupakan drama tradisional dengan dialog bahasa jawa. Kethoprak dimainkan oleh beberapa orang sesuai peran dan cerita yang dibawakan. Cerita yang disajikan biasanya berasal dari babad tanah jawa, cerita rakyat, dsb. Pertunjukkan kethoprak diiringi oleh gamelan dan disertai tembang - tembang jawa 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar