Selasa, 27 November 2012

PENGETAHUAN

MENGENAL VITAMIN C

Selama ini bila bicara mengenai vitamin C, biasanya perhatian kita langsung tertuju pada sariawan. Memang, itulah salah satu penyakit yang sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin C. Padahal saat ini fungsi vitamin C juga dapat berperan sebagai antioksidan yang bisa mencegah dampak buruk ulah radikal bebas yang merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit. Keganasan radikal bebas ini dapat dipengaruhi oleh faktor usia (tua), penyakit, pola makan buruk, polusi udara, sinar ultraviolet. Salah satu masalah yang muncul akibat ulah radikal bebas adalah terjadinya kerusakan kulit. Selain tampak kusam dan berkerut, kulit juga jadi cepat tua dan muncul flek-flek hitam.

Vitamin C diakui tidak hanya menjaga kekebalan tubuh tapi juga dapat memelihara kesehatan kulit. Bahan antioksidannya dapat memulihkan kerusakan kulit, menghambat proses penuaan dan menghaluskan kerut. Vitamin C juga bisa membantu mengurangi kolesterol sehingga membuka penyumbatan pembuluh darah.

Secara alami sumber vitamin C bisa didapat di sekitar kita, misalnya pada buah jeruk, jambu biji, anggur, pisang, apel, stroberi, pepaya, kiwi, dan buah lainnya. Juga didapat dalam jenis sayuran seperti tomat, brokoli, bayam, kentang, paprika merah dan hijau, dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar